Foto: Madrasah Ibnu Yusuf, Marakech

Berikut adalah foto dari madrasah Ibnu Yusuf Di Marakes, sebuah institusi pendidikan yang pernah menjadi trendsetter pada abad ke 7 an.

madrasah abn yusuf

Sekolah ini termasuk sekolah paling populer di wilayah Maghrib Al Aqsho . sekolah cantik ini didirikan pada masa kepemimpinan Sultan Abu Hasan  aL Marini yaitu pada tahun 747 H bertepatan dengan 1346 M.(masa kerajaan Sa”diyyin).

Sekolah ini memiliki arsitektur khas dan unik . bisa kita saksikan betapa asri dan anggunnya ruangan diatas.warna warni plitur dengan ukiran mozaik memenuhi tiap sudut ruangan ini.

seperti gaya Mi;mar Spanyol ATAU Andalus pada umumnya, yang menambahkan kolam air ditap tengah ruangan memberi kesan adem dan damai. kolam ini tidak semata-mata pengindah ruangan saja, tetap dikhususkan untuk tempat wudhunya para Murid.Karena dipercya  oleh para sarjanawan muslim,bahwa  kesucian sangat membantu untuk penetrasi ilmu dihati para pencari ilmu. Sebab ilmu adalah cahaya, dan kesucian itu membantu masuknya cahaya kedalam hati.sehingga adanya kolam ini memudahkan para murid untuk selalu mudawamah dalam menjaga wudhunya.

Sebenarnya tempat ini tidak digunakan untuk spot belajar. karena adat di Maroko, para mudir belajar didalam masjid, Tetapi ini adalah nampak bagian dalam Hay Jami’i, atau asrama para santri.bangunan ini erdiri dari 132 kamar khusus para murid. Bayangkan ,kamar santri saja indahnya seperti ini  .dalam hati saya nggeremeng: Pantas  saja para ilmuan jaman dahulu memiliki karya yang beda dengan hasil-hasil karya orang sekarang, mereka lebih produktif dan karyanya memiliki ruh tersendiri, tidak asal buat. ternyata memang suasana belajar mereka sangat mendukung untuk berkarya.

Tinggalkan komentar