gambar bintang di atas,binang yang menjadi simbol di negri benteng seribu ini. Bintang ini menggambarkan sebuah chart jangkauan TGV ini . Nantinya CASA akan menjadi pusat transit TGV yang mana dari pusat ini kereta-kereta peluru akan meluncur cepat, menghubungkan kota-kota besar di Maroko. Disini dijelaskan tujuan kota dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya dari pusat transit . Kota-kota yang akan dilewati peluru ini adalh Tanger,Marrakesh, Agadir,fes dan Oujda.
Dan di tahun-tahun berikutnya peluru panjang ini bisa meluaskan sayapya ke kota-kota lainnya. Bahkan bisa jadi melesat sampai ke seberang Spanyol. Dengan dibangun jalur bawah laut , seperti di Jepang ,yang menghubungkan pulau-pulaunya lewat bawah laut.
Saya coba chek diwebsite resmi proyek pembangunan TGV au Maroc ,saya baca disana bahwa rencana peresmian kereta ini irencanakan pada tahun 2015 mendatang. Di situs ini disajikan lengkap berbagai informasi tentang proyek besar dan strategis ini . Plus foto-foto armada barunya. Kereta ini memiliki sistem canggih dan modern. Sistemnya apik dan cukup efektif ,efisien . Dibagun sistemnya sedemikian rupa untuk menhindari menumpuknya penumpang di stasiun . Kereta memiliki pintu lebar untuk menertibkan penumpang agar tidak berebut naik kedalam gerbong. Interiornya pun cukup mewah,jauh lebih bagus dibanding kereta Argoanggrek di Indonesia, kereta yang katanya termewah dan terelit itu.
TGV d’Indonesie
Beda ceritera di tanah air kita. berapa menit yang lalu saya obok-obok mesin pencari web saya . Saya bertanya ke goOgle tentang perkembangan dunia perkereta apian di Indonesia. Lalu saya iseng-iseng bertanya, apakah sudah ada beberapa perusaha atau inisiatif pemerintah untuk mengadakan proyek TGV dI INDONESIA(sebelumnya saya ragu , kalau kita negara membangu proyek TGV) . Saya search di google, saya ketik TGV indonesia, subhanallah ,TERNYATA, benar sekali, Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara-negara lainya , saya lihat di tanggal postingnya dan saya baca ,malah TGV Indonesia lebih dahulu ditemukan dan dioperasikan dibanding bangsa-bangsa lain di Dunia. TGV indonesia tidak jauh berbeda dengan TGV -TGV eropa dalam masalah bentuk . Malah saya beranggapan TGV atau kereta peluru eropa itu kayanya kopi paste,atau mencuri prototype TGV Indonesia ,yang sudahjauh-jauh hari ditemukannya.
TGV indonesia berbentuk seperti peluru , memanjang dan sepertinya sangat kokoh dan kuat , karena dibuat khusus dari bahan pilihan , higienis lagi. Yang membedakan adalah ukuran dan diameternya saja. Di eropa panjangnya 60 meter, tapi produk kita sepanjang 6- centi. oH iya, saya medapat bocoran di sana,katanya TGV indonesia sudah dibuat secara massal dan sudah menjadi komoditas impor dunia,negara langganannya adalah Malaysia, India dan negara-negara kecamatan nusantara lainnya. Karena TGV di Indonesia singkatan dari Tonkat Gurah V*g*na (TGV).
Luar biasa..negara kita lebih maju dan lebih prospek ,lebih berkonsentrasi dalam pembangunan manusia ternyata,fokus dalam pembanguan masyarakatnya agar lebih harmonis dan antheng -baca sakinah dan mawaddah.
( bukankah semakin harmonis hubungan suami sitri ,bisa membuat lingkungan di Masyarakat lebih aman dan tentram,dan ketentraman membawa masyarakat menjadi lebih produktif n lebih kreatif).
beda tipis khan!