Lebih terhubung dengan TGV (TGV Maroko vs TGV indonesia)

Image
Pengembangan transportasi oleh pemerintah sebenarnya ditujukan agar pemerintah dapat menyediakan jasa transportasi yang lancar, aman, murah, nyaman, cepat, tepat guna, terpadu, menyeluruh, berkelanjutan dan berkesinambungan serta mendukung konsepsi pembangunan sosial dan ekonomi wilayah.
Keberadaan moda transportasi baik transportasi darat, air, dan udara menjadi faktor yang sangat berperan penting dalam bidang sosial yaitu mempererat / memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat serta di bidang ekonomi yaitu untuk memperlancar roda perekonomian dan pembangunan di indonesia, hal ini dikarenakan transportasi merupakan alat mobilitas berbagai jenis barang, jasa, dan sumber daya manusia dari satu tempat ke tempat yang lain.
Kali ini saya akan sedikit post mengenai Kereta Api TGV ,kereta yang menjadi mimpi Kerajaan Maroko dalam rangka mendongkrak perekonomian Maroko dan efesiensi transportasi . Kenapa  kereta api ,karena Kereta api, telah menjadi salah satu alternatif transportasi yang banyak diminati masyarakat.  Diantara keunggulan-keunggulan kerata api adalah lebih hemat energi, tingkt keselama tinggi , kecepatan yang tinggi , perjalanan yang terbebas dari kemacetan lalu lintas ,Gangguan cuaca tidak begitu berpengaruh terhadap pengoperasian kereta api,dan tentunya  harganya yang cukup terjangkau turut menjadi alasan mengapa orang memilih kereta api sebagai alat transportasi andalan.
TGV merupakan singkatan bahasa perancis dari kalimat  Train à Grande Vitesse, bahasa leterlegnya : kereta berkecepatan tinggi. Merupakan kereta kebanggaan masyarakat Perancis dan nantinya orang Maroko akan memiliki mada transporti berteknologi mutakhir ini. Konon rekor kecepatannya bisa mencapai 574 km/h. Jika memang benar TGV ini sudah jadi,tentu sanagt benefit sekali untuk Maroko.Geliat perekonomian akan sedikit lebih maju, Dunia turistik maroko akan semakin ramai,sebab kemudahan-kemdahan trnsportasi yang ditata apik ini,Maroko akan menjadi destinasi wisata dunia.

Image

gambar bintang di atas,binang yang menjadi simbol di negri benteng seribu ini. Bintang ini menggambarkan sebuah chart jangkauan TGV ini . Nantinya CASA akan menjadi pusat transit TGV yang mana dari pusat ini kereta-kereta peluru akan meluncur cepat, menghubungkan  kota-kota besar di Maroko. Disini dijelaskan tujuan kota dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya dari pusat transit . Kota-kota yang akan dilewati peluru ini adalh Tanger,Marrakesh, Agadir,fes dan Oujda.

Dan di tahun-tahun berikutnya  peluru panjang ini bisa meluaskan sayapya ke kota-kota lainnya. Bahkan bisa jadi melesat sampai ke seberang Spanyol. Dengan dibangun jalur bawah laut , seperti di Jepang ,yang menghubungkan pulau-pulaunya lewat bawah laut.

Saya coba chek diwebsite resmi proyek pembangunan TGV au Maroc ,saya baca disana bahwa rencana peresmian kereta ini irencanakan pada  tahun 2015 mendatang. Di situs ini disajikan lengkap berbagai informasi tentang proyek besar dan strategis ini . Plus foto-foto armada barunya. Kereta ini memiliki sistem canggih dan modern. Sistemnya apik dan cukup efektif ,efisien . Dibagun sistemnya sedemikian rupa untuk menhindari menumpuknya penumpang di stasiun . Kereta memiliki pintu lebar untuk menertibkan penumpang agar tidak berebut naik kedalam gerbong. Interiornya pun cukup mewah,jauh lebih bagus dibanding kereta Argoanggrek di Indonesia, kereta yang katanya termewah dan terelit itu.

TGV d’Indonesie

Beda ceritera di tanah air kita. berapa menit yang lalu saya obok-obok mesin pencari web saya . Saya bertanya ke goOgle tentang perkembangan dunia perkereta apian di Indonesia. Lalu saya iseng-iseng bertanya, apakah sudah ada beberapa perusaha atau inisiatif pemerintah untuk mengadakan proyek TGV dI INDONESIA(sebelumnya saya ragu , kalau kita negara membangu proyek  TGV) . Saya search di google, saya ketik TGV indonesia, subhanallah ,TERNYATA, benar sekali, Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara-negara lainya , saya lihat di tanggal postingnya dan saya baca ,malah TGV Indonesia lebih dahulu ditemukan dan dioperasikan dibanding bangsa-bangsa lain di Dunia. TGV indonesia tidak jauh berbeda dengan TGV -TGV eropa dalam masalah bentuk . Malah saya beranggapan TGV atau kereta peluru eropa itu kayanya kopi paste,atau mencuri prototype TGV Indonesia ,yang sudahjauh-jauh hari ditemukannya.

 

TGV indonesia  berbentuk seperti peluru , memanjang dan sepertinya sangat kokoh dan kuat , karena dibuat khusus dari bahan pilihan , higienis lagi. Yang membedakan adalah ukuran dan diameternya saja. Di eropa panjangnya 60 meter, tapi produk kita sepanjang 6- centi. oH iya, saya medapat bocoran di sana,katanya TGV indonesia sudah dibuat secara massal dan sudah menjadi komoditas impor dunia,negara langganannya adalah Malaysia, India dan negara-negara kecamatan nusantara lainnya. Karena TGV di Indonesia singkatan dari Tonkat Gurah V*g*na (TGV).

Luar biasa..negara kita lebih maju dan lebih prospek ,lebih berkonsentrasi dalam pembangunan manusia ternyata,fokus dalam pembanguan masyarakatnya agar lebih harmonis dan antheng -baca sakinah dan mawaddah.

( bukankah semakin harmonis hubungan suami sitri ,bisa membuat lingkungan di Masyarakat lebih aman dan tentram,dan ketentraman membawa masyarakat menjadi lebih  produktif n lebih kreatif).

ImageImage

beda tipis khan!

Tinggalkan komentar